Profil dan Sejarah Peternakan Lebah UD. Amanah Borobudur Magelang

UD Amanah adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perlebahan, khususnya di Kabupaten Magelang. Perusahaan ini didirikan oleh Bapak Padma Hadi pada tanggal 7 Desember 1987 dan beralamat di Dusun Jayan RT 02 RW 01 Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Sampai saat ini UD Amanah mengalami banyak kemajuan, berawal dari beternak lebah, UD Amanah mampu menghasilkan madu, royaljelly dan beepollen. Sekarang, UD Amanah telah berkembang menjadi beberapa usaha yang lain seperti pengobatan sengat lebah, sarana informasi perlebahan dan pelatihan budidaya lebah madu.

Pada tahun 1986, Bapak Padma Hadi memulai usaha untuk beternak lebah. Jenis Lebah lokal (apis indica) menjadi pilihan pertamanya. Pada awal usahanya, Bapak Padma Hadi menggembalakan lebah lokalnya di daerah pegunungan menoreh. Pohon kaliandra banyak terdapat di pegunungan menoreh, sehingga madu yang pertama kali dihasilkan oleh Bapak Padma Hadi adalah madu kaliandra.

Selang beberapa tahun, permintaan madu terus meningkat. Bapak Padma Hadi menyikapinya dengan menambah alat produksi(lebah). Lebah jenis Apis Mellifera-pun didatangkan. Lebah Mellifera merupakan jenis lebah yang tidak terdapat di Indonesia. Oleh karena itu, lebah mellifera didatangkan langsung dari Australia (di Indonesia, Apis Mellifera lebih populer disebut lebah australi) Lebah Mellifera mampu menghasilkan madu lebih banyak dari pada lebah lokal(Apis Indica).

Agar memperoleh hasil produksi yang maksimal, lebah mellifera digembalakan di tempat dimana terdapat bunga. Bapak Padma Hadi sering menggembalakan lebah Apis melliferanya di Pati, Jateng saat musim bunga kapok/randu. Bila musim bunga rambutan tiba, maka Lebah digembalakan di Subang. Penggembalaan ini terus dilakukan sepanjang tahun dan di tempat yang berbeda-beda.

Hingga saat ini, Bapak Padma Hadi telah berhasil menghasilkan beberapa produk, antara lain:
Produk di bidang perlebahan:
1. Madu
2. Bee Pollen
3. Royal Jelly
4. Bibit Lebah Indica (lebah lokal)
5. Bibit Lebah Mellifera (lebah australi)
6. Peralatan perlebahan
7. Kursus ternak lebah
8. Terapi sengat lebah
Produk lainnya:
1. Al habbatussauda (jinten hitam)
2. Minyak Zaitun
3. Bibit tanaman buah-buahan
Share on Google Plus

About Madu Amanah Borobudur Magelang

Madu Amanah Borobudur merupakan usaha yang bergerak di bidang perlebahan, didirikan dan dikelola oleh Bapak Padma Hadi sejak tahun 1983. Beliau juga mendirikan P4S bidang perlebahan yang diberi nama "Ngudi Makmur" Jenis lebah yang dibudidayakan adalah lebah apis mellifera/ lebah australi, apis cerana/ lebah lokal, apis trigona/ lebah lanceng, dan apis trigona itama/ lanceng unggul itama. Sehingga kami menyediakan madu dari berbagai macam bunga dan jenis lebah, bee pollen, royal jelly, lilin lebah, dan bibit berbagai jenis lebah. Silahkan hubungi kami di nomor telpon: 082324997568 (Nomor Baru Langsung ke Pak Hadi) atau kunjungi kami di alamat: Jayan Rt 02/ Rw 01 Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar